Temukan Matematika di Sekitarmu! - Day 2

Bismillah..

picsource: pinterest


Hari kedua dalam misi menemukan matematika di sekitar, kali ini Unda dan Nara bermain di kamar mandi. Ada apa di kamar mandi? Jadi setiap mandi, Nara selalu minta dibawakan mainan, apapun itu; bisa bawa sendok dan wadah, bisa ditambah sayur-sayuran, atau buah-buahan pokoknya mainan yang berbahan plastik yang aman jika terkena air. Nah, mandi pagi tadi Nara bawa dua buah gelas plastik yang biasa dipakai untuk es doger mini, dan beberapa wadah lainnya. Ini nih wadahnya..



Dengan dua wadah es doger tersebut Unda punya ide; Unda menuangkan air dengan volume yang berbeda ke masing-masing gelas tersebut lalu Unda tanya Nara gelasnya lebih berat yang mana.

Unda tanya berat karena jika Unda tanya lebih banyak yang mana Nara pasti tau, dan juga untuk mengetahui apakah Nara paham kalau lebih banyak pasti lebih berat untuk isi yang sama.

Ternyata Nara menunjuk yang gelas airnya lebih banyak. Yeaaaaayyy. Coba yah besok kita tes berat wadah tapi dengan jenis isi yang berbeda. :D

...

Untuk stimulasi matematika selanjutnya, Unda terinspirasi dari Mommy Kareem, Teh Caca. Dalam status Facebook-nya yang Unda baca pagi ini, kemarin Kareem diajak menakar beras untuk dimasak oleh Mommy-nya. Aha! Unda jadi ingat kalau selama ini Nara pun sering Unda ajak ke aktivitas memasak Nasi dengan menakar beras, mencucinya dan juga menuangkannya ke magic com. Ternyataaaa ini stimulasi matematika logis jugaa; math is around us, indeed :D.

Daan ini dia video Nara menuangkan beras ke dalam wadah cuci beras alias baskom kecil hehe.


Disana Unda meminta Nara untuk mengisi tiga gelas takar penuh. Daan berhubung berasnya tinggal sedikiit (ketauan nih Unda belum beli lagi XD) jadi Nara agak kesulitan untuk meraup berasnya hingga satu gelas penuh. Okee ngga apa-apa nak, pokoknya kurang lebih segitu lah yaaa hihi. Terimakasih, nak.

Sekarang anaknya lagi tidur, saatnya Unda posting laporan :D

Salam Ibu Profesional

Prita Annisa Utami          

#Tantangan10Hari
#Level6
#Day2
#KuliahBunsayIIP
#ILoveMath
#MathAroundUs


No comments:

Post a Comment