Bismillah..
Masuk ke tantangan BunSay baru, yaitu Memahami Gaya Belajar Anak. Selama ini saya
hanya merasa bahwa gaya belajar Nara adalah auditory kinestetik, karena Nara
lebih menerap apapun yang saya ajari melalui lagu, dan juga gerak tubuh. Tapi
menurut diskusi di kelas bunsay kemarin, sebenarnya kita masih harus menstimulus
GaBel anak ketika usianya masih sangat kecil, karena ada kemungkinan orangtua
kurang peka terhadap Gabel anak yang sesungguhnya, atau ada kemungkinan bisa
berubah. Oleh karena itu saya mencoba menstimulus Gabelnya dengan merangsang
seluruh panca inderanya, agar terlihat, gaya belajar mana yang membuat Nara
berbinar-binar.
.....
Pagi ini, Unda mengajak Nara untuk membuka salah satu buku ceritanya. Saya
bertanya di dalamnya ada gambar apa aja sih. Dan Nara mendeskripsikan semua
yang ada di dalamnya, gambar-gambar yang ada di halaman yang berbeda. Tidak
mengurut, tapi hampir semua halaman Nara hafal apa isi gambarnya. Dan Nara juga
ingat, ketika Unda membandingkan gambar yang ada di buku, dengan sesuatu hal
yang pernah kami lihat juga di kehidupan nyata.
Unda mencoba menstimulus gaya belajar visualnya Nara. Dan lucunya, ketika
Nara bercerita kepada Unda tentang isi buku, Nara meniru ekspresi yang Unda
tunjukkan pada Nara. Jadi inget FamPro Nara
Bercerita yang Alhamdulillah masih berjalan hingga sekarang (termasuk
cerita soal bukunya ini ^^)
...
Yang kedua, akhir-akhir ini Nara sedang suka bermain dengan aksesoris Unda
waktu zaman masih gadis hehe. Kebetulan Unda baru saja meng-konmari kan barang-barang Unda, dan ditemukanlah
satu plastik berisi banyak aksesoris. Tentunya hal itu menyita perhatian Nara,
dan menjadi mainannya beberapa hari ini.
Unda mencoba membuat sesuatu dari aksesoris itu. Unda membuat tumpukan
gelang yang sedikit tinggi, hingga menyerupai sebuah wadah. Dan unda bilang
bahwa ini bisa dimasukkan aksesoris-aksesoris kecil. Dengan senangnya Nara memasukkan
beberapa aksesoris kecil kedalam wadah dadakan tersebut hehe. Dan ketika wadah
tersebut tersenggol oleh tangan Nara, Nara langsung mencoba membuat lagi
seperti apa yang Unda contohkan sebelumnya.
Unda coba menstimulus gaya belajar visual dan kinestetiknya Nara tadi.
Apakah Nara excited melihat “bangunan”
yang Unda susun agar menyerupai wadah, atau terlihat biasa saja. Ternyata Nara malah
mengulanginya untuk membuat wadah yang disusun ia sendiri. ^^
.....
Baru hari ke satu, Unda baru saja benar-benar memerhatikan gaya belajarnya
Nara. Kita lihat apa yang terjadi besok J
Salam Ibu Profesional
Prita Annisa Utami
#Tantangan17Hari
#Level4
#Day1
#GayaBelajarAnak
#KuliahBunsayIIP
No comments:
Post a Comment